Thursday, May 5, 2016

Desain Grafis ≠ Desain Gratis






"Sedikit sambatan dini hari. Sambatan seumur hidup. Stereotype indon. Kapan aku bener-bener bisa menghidupi dengan bakatku yang sederhana ini. Kuliahnya mahal, mikir idenya berat, dihargai juga sama segelintir orang aja. Pernah mikir buat berhenti, tapi bakatku ya cuma sesederhana ini. Cari uang susah ya :')"


Reviezal Ario Sykes


Kurang lebih itu yang ditulis sama yang punya akun LINE Reviezal Ario Sykes di postingannya. Aku nemuin postingan ini pas lagi iseng nge-scroll-nge-scroll timeline LINE. Aku sebenernya nggak tahu apalagi kenal sama orang ini. Postingannya di-like sama salah satu temenku.

First impression waktu aku baca postingan ini is like... "BENER BANGET!". Dulu juga aku ngalami hal yang sama kaya dia. Senjata andalan mereka selalu "kita kan temen". Emang sih awalnya aku yang minta mereka buat ngerjain project-project mereka *waktu itu aku lagi labil-labilnya pengen jadi graphic designer*, tapi lama-kelamaan mereka malah jadi keenakan. Desainnya ribet, mintanya cepet, gratis lagi *helaaaw*. Padahal kan aku niatnya cuman mau bantu mereka (kalo ada waktu) sekaligus nambah skill nge-desain.

Apa menghargai karya seseorang udah nggak lagi jadi budaya di Indonesia ? Kalo kaya gini terus kapan desainer-desainer grafis Indonesia maju ? kapan mereka berkembang ? Asal kalian semua tau ya, kuliah/ kursus desain intu nggak murah. Alat-alat buat ndesain itu bukan barang yang murah. So respect them guys! Apresiasi karya mereka dengan layak. Nemuin ide buat ndesain itu bukan perkara yang sepeleh. Kebutuhan mereka lebih dari sekedar ucapan "terima kasih". Ayo sama-sama buka mata, buka telinga. Tuhan nyiptain kita dengan dua mata, dua telinga, dan satu mulut itu biar kita lebih banyak ngeliat, lebih banyak ndengerin ketimbang ngomong.

No comments:

Post a Comment